Tentang : Manfaat Omega 3 Untuk Bayi dan Anak

Omega 3 bermanfaat bagi bayi dan anak, karena mengandung lemak DHA. Pada tubuh kita, DHA paling banyak ditemukan pada otak dan mata. Maka tidak heran bila penelitian telah membuktikan bahwa manfaat Omega 3 yang terbesar adalah untuk perkembangan otak dan mata bayi.

Seiring dengan perkembangan waktu, penelitian lebih lanjut membuktikan beberapa manfaat Omega 3 lainnya. Ibu yang kadar DHA pada darahnya tinggi, memiliki anak yang lebih baik dalam kemampuan inderawi, kognitif dan gerak motorik. Hal ini disampaikan pada Journal Of Pediatric, dan penelitiannya dilakukan oleh Laval University, Quebec.

Bayi dengan Omega 3 yang cukup, memiliki kemajuan sekitar 2 bulan lebih awal dibandingkan bayi yang kurang Omega 3. Mereka lebih baik dalam tes kepekaan yang dilakukan pada usia 6 bulan, serta memiliki kemampuan belajar visual yang lebih baik ketika berusia 1-2 tahun.

Manfaat Omega 3 lainnya> Dr. Bruce Holub, University of Guelph, memaparkan beberapa yaitu:

1/Mengurangi resiko kelahiran prematur
2/Meningkatkan kemampuan anak dalam belajar membaca
3/Mengurangi resiko penyakit jantung di kemudian hari
4/Penelitian lain juga membuktikan ibu yang mengkonsumi cukup Omega 3 beresiko lebih 5/rendah terkena postpartum syndrome, yaitu fluktuasi perubahan mood yang terjadi 6/setelah melahirkan. Mereka juga akan lebih cepat pulih setelah melahirkan.

Kapan Omega 3 diperlukan
Bagi ibu hamil, Omega 3 sangat diperlukan pada trimester ketiga. Mengapa demikian? Karena pada masa inilah berat otak bayi di dalam rahim berkembang pesat menjadi 2 ½ kali lipat dari sebelumnya. Setelah bayi lahir, otak akan terus berkembang menjadi 1 ¾ kali lipat ketika memasuki usia 1 tahun, dan perkembangan terus berlanjut hingga usia 2 tahun.

Jadi, konsumsi Omega 3 sangat penting sejak trimester ketiga hingga bayi berusia 2 tahun. Manfaat Omega 3 untuk anak di atas 2 tahun juga ada, dan akan dibahas terpisah pada artikel lainnya.

+ Makanan yang mengandung Omega 3
Karena besarnya manfaat Omega 3 ini, para ahli menganjurkan ibu hamil untuk mengkonsumsi Omega 3 sebanyak 200-300 mg setiap harinya. Kebutuhan ini dapat diperoleh dari beberapa jenis makanan yang kita makan.

Secara alamiOmega 3 banyak ditemukan pada ASI. Oleh karena itu menyusui sangat bermanfaat bagi bayi. Untuk ibu yang menyusui, memakan ikan berlemak adalah cara paling baik untuk mendapatkan banyak Omega 3. Ikan-ikan tersebut misalnya Atlantic Salmon, Pacific Herring, Makarel, Tuna, dan Sarden. Selain itu, Omega 3 juga terdapat pada telur, suplemen, dan susu formula yang mengandung Omega 3.

Omega Guard Shaklee

Omega Guard Shaklee

Mengingat begitu besarnya manfaat Omega 3 bagi anak dan bayi, jangan lupa sisipkan makanan yang mengandung Omega 3 pada menu Anda sehari-hari.  
( theasianParents/source)

Utk konsultasi & pemesanan, segera hubungi:
LusiAPrawitasari@Gmail.com |
BBM: 53A4CBD0 |
Whatsapp/SMS: 0812-96-152147

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s